Perbedaan Adobe Photoshop vs CorelDRAW: A Comparative Analysis

Grafik adalah bagian yang penting dalam menyampaikan pesan Anda kepada orang lain. Bahkan lintas waktu! Lukisan-lukisan gua zaman prasejarah memberi kami gambaran tentang gaya hidup komunitas-komunitas itu saat ini.

Konsepnya lebih tua dari kelahiran alfabet pertama. Orang Mesir kuno menggunakan Hieroglyphics untuk berkomunikasi informasi satu sama lain. Kata-kata sering digambarkan dalam bentuk gambar sederhana. Visual seperti air, burung, dan istana digambarkan dengan gambar sederhana. Tentu saja, mereka tidak tampak sangat menarik bagi kita sekarang, tetapi ini adalah kata-kata zaman kuno. Selama abad pertengahan, biksu akan mengilustrasikan buku dan teks dengan citra yang indah. Bahkan hari ini, buku Alfabet balita dapat ditemukan, penuh dengan gambar binatang dan pemandangan berwarna.

Gambar hanya lebih baik dalam memberi tahu kami tentang suatu peristiwa. Bahkan emotikon di media sosial adalah bentuk ilustrasi grafis (hampir saja kita kembali ke hieroglif hari ini).

Grafik Komputer

Awalnya, grafik bukan bagian paling integral dari dunia komputer. Namun, tren dengan cepat lepas landas dan representasi visual di layar menjadi terkait dengan komputer. Sebelum dimulainya layar warna pada komputer, beberapa permainan dimainkan pada layar hitam putih oleh beberapa orang. Pada tahun 1961, game komputer pertama yang disebut Spacewars dibuat oleh beberapa siswa di MIT Massachusetts. Grafik primitif dibuat untuk waktu luang yang menakjubkan bagi mereka yang memainkannya.

Namun, hari ini, banyak dari kita memiliki akses ke permainan 3D dan visualnya terus berubah dengan peningkatan yang konstan. Mungkin itu sebabnya bidang grafis ini menarik begitu banyak generasi milenium untuk peluang karier dengan tawaran yang menggiurkan. Tapi, tidak peduli mana dari bidang kreatif yang tak terhitung banyaknya dalam industri grafis yang Anda pilih, Anda akan menemukan dua perangkat lunak raksasa dalam hidup Anda; Adobe Photoshop dan CorelDRAW.

Adobe Photoshop

sumber gambar blog.eduonix.com

Dibuat oleh Thomas dan John Knoll pada tahun 1987, perangkat lunak tersebut (awalnya disebut Display begitu Thomas mulai mengerjakannya) kemudian berafiliasi dengan Adobe Systems Incorporated pada tahun berikutnya. Pada tahun 1990, Adobe secara resmi meluncurkan produk tetapi khusus untuk Macintosh.

Adobe Photoshop adalah editor grafis raster yang sebagian besar digunakan oleh orang-orang di industri grafis. Sekarang, ini tidak hanya digunakan untuk gambar raster tetapi untuk grafik digital secara keseluruhan. Anda bahkan mungkin mendengar kata kerja seperti 'photoshopped' atau 'photoshopping' saat merujuk ke Adobe Photoshop. Ini hampir menjadi identik dengan mengedit dan memanipulasi gambar. Tetapi Adobe tidak menghargai istilah itu karena alasan hukum.

Fitur aplikasi banyak. Bersama-sama mereka dapat membantu Anda mengedit gambar atau membuat yang baru sama sekali. Ekstensi file default dari semua gambar Adobe Photoshop adalah PSD atau Photoshop Document. Untuk format dokumen yang lebih besar, format berubah menjadi PSB yang dapat menempati area yang bisa mencapai 300.000 piksel dan dapat menempati hingga 4 exabytes. Sedangkan file PSD menempati ruang hingga 30.000 piksel dan 2 gigabyte.

Versi terbaru untuk Adobe Photoshop yaitu CC 2019, yang tidak lagi didukung pada sistem 32bit.

Corel Draw

sumber gambar blog.eduonix.com

Corel Corporation merilis perangkat lunak yang disebut CorelDRAW pada tahun 1989. Ini dikembangkan oleh Michel Bouillon dan Pat Beirne. Keduanya adalah insinyur Corel yang memberanikan diri untuk mengembangkan perangkat lunak ilustrasi berbasis vektor ini. Program ini awalnya dikembangkan untuk Windows 3 tetapi saat ini berjalan pada Windows XP, Vista, 7,8 dan 10.
Ekstensi file untuk dokumen apa pun di bawah CorelDRAW ada di CDR atau Laporan Kompetensi Kompetensi untuk beberapa waktu. Namun, dengan munculnya CorelDRAW 3, format bergeser ke RIFF atau Format File Interchange Sumber Daya. Format lain juga dapat mencakup CorelDRAW Compressed atau CDX, Corel Presentation Exchange (CMX), dan CorelDRAW Template (CDT). Perlu dicatat bahwa ada aplikasi lain yang mendukung format CDR seperti Adobe Illustrator, Corel WordPerfect Office, Corel PaintShop Photo Pro, Adobe Freehand, dll. Beberapa aplikasi ini mungkin hanya memberikan dukungan sebagian untuk beberapa dokumen CDR.

Aplikasi ini cukup mudah untuk memulai jika Anda mencobanya untuk pertama kali. Ada banyak alat dengan banyak fitur dan Anda masih memiliki kebebasan untuk menyesuaikan ruang desain Anda.

Salah satu bahan utama untuk grafik di CorelDRAW adalah kuasnya. Kuas ini membantu dalam pembuatan gambar terperinci. Anda dapat membuat gambar yang nyata, realistis atau sangat bergaya. Bersamaan dengan ini, ada juga lapisan, yang berguna ketika Anda mungkin perlu untuk tumpang tindih dua gambar atau bagian gambar. Mereka juga membantu dalam naungan dan pewarnaan.

Perbandingan Keduanya

Perbedaan keduanya

Meskipun keduanya telah digunakan oleh industri grafis untuk berbagai urusan, keduanya memiliki banyak kesamaan tetapi juga perbedaan. Adobe Photoshop adalah manipulator gambar raster sementara CorelD


RAW adalah editor grafis vektor. Ini pada dasarnya berarti bahwa sementara Photoshop biasanya digunakan untuk mengedit gambar dan memperbesar terlalu banyak akan menyebabkannya terdistorsi. Karena CorelDRAW digunakan terutama untuk Pembuatan Logo, pamflet, dan pembuatan grafik vektor lainnya seperti kode batang, mereka tidak mengubah bahkan jika Anda memperbesar terlalu dalam. Namun, memperbesar ke dalam dokumen bitmap (gambar yang diambil dari kamera) di luar batas tertentu akan menyebabkannya terganggu, terlepas dari perangkat lunak mana yang Anda gunakan.

Juga, kedua aplikasi memiliki fitur yang tidak ada di yang lain. CorelDRAW memiliki fitur-fitur seperti fitur Gaussian Blur, Live Sketch tools, dan Healing Clone Tools. Fitur lain termasuk Custom Nodes Shapes, Import Legacy Workspaces, dan Multi-Monitor.

Beberapa atribut Adobe Photoshop termasuk 360 Panorama Workflow, Paint Symmetry, Stroke Smoothing, dan Variable Fonts. Ini juga memerlukan Curvature Pen Tool, Panel Properties, Kreasi Berbagi Cepat, Jalur dan Lebar Warna Kustom, dan Impor Kedalaman Peta dari HEIF atau File Gambar Efisiensi Tinggi.

Bahkan dalam penetapan biaya, ada perbedaan di antara keduanya. Versi lengkap CorelDRAW harganya lebih mahal daripada versi lengkap Photoshop (biasanya digunakan oleh tim profesional atau bisnis). Versi lengkap dari CorelDRAW biasanya berharga $ 635,00 sedangkan Adobe Photoshop versi lengkap dapat dibeli dengan harga $ 359,88.

Photoshop hampir selalu digunakan untuk desain web dan CorelDRAW tetap merupakan aspek integral dari Desain Grafis. Namun, ini tidak lagi menjadi titik perbedaan mutlak karena kedua perangkat lunak sekarang bahkan diajarkan bahkan untuk siswa industri mode.

Juga, Jika Anda seorang pemula, Anda akan dengan cepat berkenalan dengan fitur-fitur PhotoShop. Sedangkan jika Anda mahir dalam mengedit grafik, CorelDRAW akan menjadi pasangan yang lebih baik bagi Anda untuk mengejar bentuk desain grafis canggih.

Kesamaan antara keduanya:

Berikut ini adalah kesamaan antara keduanya:


  • Anda dapat membuat poster untuk iklan
  • Anda dapat membuat desain di dalam gambar dan menerapkan berbagai warna padanya
  • Anda dapat mengaburkannya atau menambahkan bayangan
  • Anda dapat menerapkan teks dalam dokumen dan menerapkan format seperti Tebal, Miring, Kalibri, dll
  • Keduanya adalah perangkat lunak profesional yang sangat direkomendasikan oleh printer dan desainer
  • Anda dapat membuat logo merek, kartu kunjungan, amplop, undangan, kop surat, dll
  • Keduanya memiliki kotak alat dan kantong warna.
  • Anda dapat memeriksa ukuran gambar di kedua bentuk
  • Anda dapat menambah atau mengurangi ukuran desain
  • Keduanya memiliki kanvas untuk membuat desain atau gambar
  • Keduanya memiliki banyak lapisan dalam satu kanvas
  • Keduanya memiliki penguasa untuk skala wilayah Anda di dalam kanvas
  • Keduanya memiliki pedoman
  • Anda dapat mengubah mode warna pada keduanya (RGB, CMYK)

Pikiran penutup

Industri grafis menderita hasrat yang tak terpuaskan untuk visual yang lebih baik untuk melibatkan audiens. Baik itu untuk iklan, menambahkan filter pada selfie atau bahkan berhasil menjual lemari Anda yang berkarat di OLX dengan membuatnya terlihat layak, mengedit grafik sangat penting.

Dan jika Anda merasa bahwa kami mungkin telah melewatkan perbedaan kunci lainnya di antara keduanya, jangan ragu untuk membagikannya di komentar di bawah
HALAMAN SELANJUTNYA: