9 Ciri Ciri Desainer Grafis Sukses

Menjadi seorang desainer yang sukses membutuhkan sejumlah keterampilan yang berbeda dan kemampuan untuk melihat dunia dengan cara yang unik. Meskipun orang cenderung memiliki beberapa stereotip dalam hal desainer grafis, kenyataannya adalah mereka sangat beragam seperti orang-orang di profesi lain. Beberapa ekstrovert keluar, dan yang lain introvert pemalu. Mereka menikmati berbagai jenis musik, buku, dan hobi.


smuber gambar dissolve.com


Apa yang cenderung dimiliki oleh semua desainer grafis adalah seperangkat sifat yang mereka gunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Sembilan sifat teratas yang harus dimiliki semua desainer grafis meliputi:

1. Kemampuan untuk Multitask

Desainer grafis sering memiliki sejumlah proyek yang berjalan sekaligus untuk berbagai klien. Adalah penting bahwa Anda dapat memprioritaskan dan melakukan banyak tugas untuk menyelesaikan semuanya pada tenggat waktu. Salah satu cara terbaik untuk belajar multitask adalah dengan mengetahui cara mengatur diri. Bagan, spreadsheet Excel, atau bahkan kalender proyek yang sedang Anda kerjakan pada waktu tertentu dapat membantu.

Anda juga dapat menggunakan alat online, seperti Basecamp atau Slack untuk membuat Anda dan semua orang di tim Anda teratur. Ini akan memastikan tugas diselesaikan tepat waktu.

2. Memiliki Keterampilan Pelengkap Desain

Pekerjaan desain grafis membutuhkan beberapa pengetahuan dasar tentang bagaimana elemen artistik bersatu, serta keterampilan menggambar dasar. Namun, desainer grafis juga perlu mengembangkan sejumlah keterampilan pelengkap untuk benar-benar membuat pekerjaan mereka unik. Misalnya, Anda ingin membeli pena elektronik dan berlatih menggambar langsung ke komputer.

Keahlian pelengkap lain yang mungkin ingin Anda kembangkan meliputi fotografi, keterampilan pemasaran untuk mempromosikan pekerjaan atau bisnis Anda, dan bahkan keterampilan pembukuan. Ingatlah bahwa menjalankan bisnis desain freelance seperti menjalankan bisnis lain, dan ini adalah keterampilan yang Anda perlukan. Anda dapat mengembangkannya dengan membaca blog online tentang pemasaran dan pembukuan. Untuk keterampilan fotografi, cobalah mengambil kelas dasar dari toko kamera lokal dan kemudian berlatih sendiri.

3. Kemampuan Menggunakan Peralatan Tradisional dan Digital

Desain grafis telah berubah dalam 50-60 tahun terakhir karena semakin banyak alat digital yang muncul. Saat Anda merancang, Anda akan mengalami situasi di mana Anda tidak bisa mendapatkan tampilan yang Anda inginkan dari alat digital. Oleh karena itu, memiliki kemampuan untuk menggunakan alat seni tradisional dan digital menciptakan keseimbangan keterampilan yang kuat untuk membantu Anda menciptakan desain yang unik dan luar biasa seperti tidak ada orang lain.

Misalnya, apakah Anda tahu cara melakukan tata letak di atas kertas, seperti koran yang digunakan sebelum munculnya Adobe? Pikirkan beberapa font yang Anda lihat belakangan ini. Pernahkah Anda memperhatikan tren font yang digambar dengan tangan? Ini dapat membuat tampilan unik untuk situs web atau logo. Memiliki kemampuan menggambar dan menggunakan alat-alat digital dan tradisional untuk sampai ke sana akan memberikan desain Anda bakat yang benar-benar unik.

4. Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik

Sebagai seorang desainer grafis, Anda harus mencari tahu apa yang diinginkan klien Anda dan kemudian mengirimkannya. Salah satu bagian dari pekerjaan desain yang paling membuat frustrasi adalah menciptakan desain hanya untuk menyadari bahwa itu tidak mendekati apa yang diinginkan klien. Beberapa keterampilan dasar termasuk mengajukan pertanyaan dan mendengarkan secara aktif. Jika Anda mengalami masalah dengan komunikasi dengan klien, Anda dapat dengan mudah mengembangkan keterampilan ini.

Coursera, misalnya, menawarkan kursus keterampilan komunikasi bisnis, banyak dari universitas terkemuka. Anda juga harus memeriksa dengan cabang Administrasi Bisnis Kecil negara Anda. Ini mungkin menawarkan kursus untuk membantu pemilik usaha kecil dengan keterampilan sederhana seperti komunikasi.

5. Tipografi

Desainer grafis sering menggunakan tipografi. Yang benar-benar terampil tahu jenis huruf unik yang cocok dengan nada dan gaya suatu merek dengan sepadan dengan bobot emas. Salah satu ciri yang dibagikan oleh desainer grafis yang sukses adalah kemampuan untuk memilih tipe yang sempurna. Ini bahkan dapat melibatkan tulisan tangan atau membuat font Anda sendiri.

Cara terbaik untuk mempelajari keterampilan ini adalah mempelajari font yang tersedia di luar sana dan apa yang dilakukan oleh desainer lain. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang tipografi dengan mengikuti kursus di Udemy, seperti Rancang Huruf Anda Sendiri, Tipografi Bergerak Dari Awal dan Dasar-Dasar Tipografi.

6. Gairah Berexplore

Mereka yang menjadi desainer yang benar-benar hebat memiliki hasrat untuk pekerjaan yang mereka lakukan. Alih-alih menghabiskan waktu menonton televisi atau browsing di media sosial, mereka memeriksa karya desainer lain, mempelajari tren, dan mempraktikkan elemen-elemen ini dalam karya desain mereka sendiri. Cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan Anda adalah dengan terus mengasah mereka.


7. Menghadiri Konferensi

Anda harus menghadiri konferensi di bidang Anda. Konferensi untuk desainer grafis dan freelancer akan menawarkan lokakarya di mana Anda dapat mempelajari keterampilan baru, serta peluang untuk berjejaring dengan orang lain di bidang Anda. Sebuah konferensi juga dapat memberi Anda kesempatan untuk menetapkan beberapa tujuan baru bagi diri Anda sebagai seorang desainer. Kuncinya adalah memilih rekan desainer

8. Kreativitas

Desain grafis jelas merupakan upaya kreatif. Anda harus melihat apa yang sudah ada di sana dan mencari cara untuk membantu klien Anda menyajikan pendekatan yang unik namun praktis untuk pelanggan potensial. Kreativitas, bagaimanapun, tidak terbatas. Sangat mudah terbakar ketika bekerja hari demi hari pada proyek yang mungkin tidak berbicara dengan jiwa Anda. Anda harus meluangkan waktu untuk mengisi ulang materi iklan Anda dengan baik. Baca buku seperti "The Artist’s Way" karya Julia Cameron untuk membantu Anda melepaskan kreativitas Anda.

9. Rasa penasaran

Apa pun yang Anda mulai ketahui dan apa yang Anda pelajari, kebenarannya adalah bahwa jika Anda ingin menjadi desainer yang luar biasa, Anda harus terus mempelajari keterampilan baru dan mencoba hal-hal baru. Pembelajaran Anda harus menjadi proses yang berkelanjutan, sehingga perancang Anda sekarang hanyalah bayangan perancang Anda akan berada dalam lima atau 10 tahun. Teruslah belajar, teruslah tumbuh, teruslah merancang. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menjadi salah satu nama desain teratas di industri ini.

Kesembilan ciri ini adalah sesuatu yang dimiliki atau dikembangkan oleh sebagian besar desainer grafis seiring waktu. Selain keterampilan ini, Anda ingin tetap mendapatkan informasi terbaru tentang perangkat lunak yang Anda gunakan dalam pekerjaan Anda dan mencari program baru yang akan memungkinkan Anda untuk memberikan desain Anda keunggulan baru.

HALAMAN SELANJUTNYA: