9 Keterampilan Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Desainer Web Sukses - Dan Cara Mempelajarinya

pict by : www.cheatsheet.com

Desainer web. Apakah kita bisa, atau apakah linkungan kita bagus untuk itu? Dan itu bukan hanya judul yang menarik ” mempelajari desain web dapat mengarah pada karier yang menarik dan memukau, terutama bagi pemecah masalah yang kreatif seperti Anda.

Tetapi gagasan memulai dalam desain web bisa sangat luar biasa. Mungkin Anda diam-diam berpikir: apa yang desainer web lakukan? Atau bahkan mungkin: apa itu desain web? (Ya, kami juga ada di satu titik!)

Ketika Anda mempertimbangkan apakah desain web adalah jalur karier yang tepat untuk Anda, Anda memerlukan beberapa jawaban untuk pertanyaan besar: Apa yang benar-benar perlu Anda ketahui? Haruskah Anda belajar coding? Alat apa yang perlu Anda miliki? Bagaimana dengan mengelola klien?

Jangan khawatir! Memulai mendesain situs web lebih mudah dari yang Anda bayangkan. Mulailah dengan keterampilan dasar web dan desain visual ini dan Anda akan segera menuju itu.


Cara Belajar Desain Web: Keterampilan Teknologi 101

Pertama, mari kita pergi ke sisi teknis menjadi perancang web. Semua akronim dan istilah aneh itu bisa terasa menakutkan, tetapi sebenarnya cukup mudah (dan sangat menyenangkan!) Begitu Anda mengenalnya.

1. Desain Visual
Mungkin terlihat jelas bahwa Anda memerlukan pengetahuan desain untuk menjadi perancang web, tetapi desain visual berfokus pada produk digital, sehingga mungkin berbeda dari yang Anda harapkan. Dalam hal ini, prinsip desain adalah yang menentukan tampilan dan nuansa situs. Mereka dapat berkisar dari proporsi ke tipografi, ke sistem grid, ke teori warna. Dengan kata lain: desain visual adalah kesempatan Anda untuk menggali dalam menciptakan papan suasana hati dan mengetik hierarki dan bereksperimen dengan font web dan palet warna.

2. UX
Inilah singkatan-singkatan lucu itu! UX adalah singkatan dari User Experience (pengalaman pengguna), atau bagaimana perasaan orang (tenang, frustrasi, dll.) Ketika mereka menggunakan situs web. Di atas segalanya, UX adalah tentang mendekati desain Anda dari perspektif pengguna-pertama  bagaimana Anda bisa merancang situs web yang membantu mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan?

Untuk melakukan itu, Anda akan meneliti pengguna Anda dan membuat "personas" (profil pengguna ideal imajiner). Anda akan meletakkan halaman dan konten dengan peta situs. Anda akan mengetahui jalur yang diambil pengguna di situs Anda dalam arus pengguna. (Misalnya, apakah mereka selalu mengklik langsung ke media sosial? Atau apakah mereka hanya mencari informasi kontak?) Dan Anda akan membuat wireframe untuk membuat sketsa bagian-bagian utama dari setiap halaman web. Semua komponen ini penting untuk mempraktikkan desain pengalaman pengguna.

Pro tip: Masih bingung tentang perbedaan antara semua jenis keterampilan desain ini, dan yang mana yang harus Anda pelajari terlebih dahulu? Kami baru-baru menjabarkan perbedaan antara desain visual dan desain web atau situs web, serta desain UX dan desain grafis jika Anda ingin lebih jelas!

3. Desain Perangkat Lunak
Seperti desainer lainnya, untuk melakukan pekerjaan Anda, Anda memerlukan alat yang tepat. Mengetahui jalan Anda di sekitar standar industri akan membantu dalam setiap kasus dan kritis dalam banyak hal. Sementara mendesain situs web dapat dilakukan langsung di browser web, alat-alat seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan Sketch adalah yang hampir semua desainer gunakan untuk bagian-bagian penting dari pekerjaan mereka seperti membuat maket, merancang aset (think logo dan gambar), dan dari tentu saja memodifikasi dan meningkatkan foto. Anda harus belajar cara menggunakannya (walaupun, jika Anda baru memulai, pertimbangkan untuk mencoba beberapa alternatif photoshop gratis sebagai gantinya)

4. HTML
Anda mungkin tidak membayangkan bahwa seorang perancang web perlu tahu cara membuat kode. Tapi sekarang ini keterampilan yang diharapkan untuk sebagian besar pekerjaan desain. HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yang merupakan bahasa pengkodean yang digunakan untuk meletakkan konten pada halaman web dan memberikannya struktur. Itu artinya Anda mengubah banyak kata menjadi tajuk utama, paragraf, dan catatan kaki. Dan itu juga cara Anda mendapatkan konten "keren" seperti foto, video, dan grafik di situs web.

5. CSS
Dan kemudian ada mitra HTML, CSS, atau Cascading Style Sheets. CSS adalah kode yang memberi tahu browser cara memformat dan gaya HTML untuk halaman web. Dengan kata lain, itu yang membuat semua teks  dan konten lainnya terlihat bagus. Dengan CSS, Anda dapat menyesuaikan warna, mengubah font, atau menambahkan latar belakang yang menakjubkan — dan banyak lagi! Di sinilah mata Anda untuk desain benar-benar bersinar dan bagaimana Anda dapat menempatkan cap kreatif Anda di setiap situs yang Anda buat.



Meskipun Anda dapat membuat kode desain hanya menggunakan HTML dan CSS, jika Anda juga dapat memprogram menggunakan JavaScript, Anda akan menghadapi tantangan besar melawan pesaing. JavaScript memungkinkan Anda mengambil elemen statis di situs Anda dan menjadikannya interaktif ” pikirkan Twitter yang memperbarui secara otomatis, situs web yang terlihat berbeda ketika Anda masuk, penggeser gambar, dan banyak lagi!

Soft Skills (Atau Senjata Rahasia yang Diperlukan Setiap Desainer Web)

Sekarang setelah Anda memiliki bagian-bagian desain dan teknologi, Anda hanya perlu menambahkan beberapa manajemen untuk menjaga diri Anda teratur dan efektif dalam pekerjaan desain web Anda. Ini adalah keterampilan yang disumpah oleh sebagian besar perancang web, jadi hematlah diri Anda dengan mempelajarinya sekarang daripada nanti.

6. Manajemen Waktu
Baik Anda tertarik mempelajari desain web untuk menjadi freelance atau bekerja di perusahaan, Anda harus tetap mengikuti jadwal dan proyek Anda untuk menjadi desainer web yang menonjol. Ini bisa berarti mengenal aplikasi produktivitas seperti daftar tugas atau kalender atau, terutama jika Anda berada di organisasi besar, mempelajari alat pelacak proyek seperti Trello atau JIRA. Apa pun alatnya, menguasai seni memprioritaskan dan melacak pekerjaan Anda akan sangat penting untuk kesuksesan Anda (dan kewarasan!) Di dunia desain web yang sibuk.

7. Komunikasi
Tetap berkomunikasi dan menyampaikan pendapat Anda juga harus dimiliki oleh seorang desainer. Anda tidak dapat mencari uang dari membangun situs web tanpa komunikasi yang baik. Anda harus selalu memberi informasi terbaru kepada para klien tentang kemajuan proyek mereka ditambah ide-ide lapangan dan menjelaskan kreasi Anda. Anda bahkan mungkin diminta untuk melakukan copywriting atau mengedit untuk situs, terutama jika Anda menjalankan satu toko Anda sendiri. Jadi tekankan pada tulisan Anda dan keterampilan presentasi Anda, dan Anda akan yakin untuk menyampaikan pendapat Anda dalam setiap situasi.

8. SEO / Pemasaran Digital / Media Sosial
Perangkat keterampilan SEO (optimisasi mesin pencari), pemasaran digital, dan media sosial mungkin tampak lebih berarti bagi tenaga penjualan daripada perancang web. Tapi, karena Internet adalah cara begitu banyak perusahaan menjual hari ini dan karena Anda juga harus menjual bakat perancang web Anda (ketika Anda sedang mencari pekerjaan atau untuk klien freelance), Anda juga harus membungkus kepala Anda dengan mereka. . Bahkan mengetahui dasar-dasar masing-masing dan mengingatnya untuk klien dan situs Anda sendiri akan membuat Anda jauh dalam perjalanan desainer web Anda.

9. Manajemen Bisnis / Klien
Dan, sebagai karyawan atau sebagai pekerja lepas, memahami intinya akan membantu Anda memastikan Anda atau perusahaan Anda menguntungkan dan berkelanjutan. Anda tidak harus kembali untuk MBA Anda, tetapi Anda harus memiliki gagasan tentang tujuan dan keuangan dari majikan Anda atau bisnis Anda sendiri sehingga Anda dapat menggunakannya untuk memandu pekerjaan Anda. Dan, jika Anda merancang secara langsung untuk klien, Anda harus memiliki rencana untuk memastikan bahwa arus kas dan simpanan proyek Anda sehat dan dapat dilakukan dalam jangka pendek dan panjang.

Cara Belajar Web Design Online

Seperti yang Anda lihat, tidak ada yang misterius atau mengejutkan tentang keterampilan yang Anda butuhkan untuk menjadi perancang web, tetapi kemudian ada pertanyaan tentang di mana dan bagaimana mempelajarinya. Sebuah fondasi di sisi teknologi dan pegangan yang baik pada bagian organisasi akan membuat Anda pergi dan berada di sana untuk Anda saat Anda membangun pengetahuan dan karir Anda dalam desain web.




HALAMAN SELANJUTNYA: